Ramadhan by Maher Zain… merindukan kembali datangnya Ramadhan

23 Jul 2015

Nulis lagi ah… kali ini tentang salah satu hobi saya, yaitu musik ;)

Sebagai penikmat musik awam, saya mencoba untuk menyukai semua jenis musik kecuali heavy metal (karena tidak bisa ikut menyanyikannya :D ) tak terkecuali musik-musik religi. Meski kedengarannya terlambat bagi saya untuk mengulas lagu yang satu ini (mengingat lagu religi identik dengan momen bulan puasa) tetapi sudah “gatal” rasanya tangan ini untuk mengulas sosok penyanyi religi kelas international yang satu ini dan kebetulan saya mengagumi keindahan suara yang dimilikinya :) .

Siapa kini yang tidak mengenal Maher Zain? Pria berkebangsaan Swedia berdarah Lebanon dan bersuara emas (bagi saya lebih mirip suara malaikat) yang bernaung di bawah Awakening Records berhasil membuktikan pada dunia Internasional bahwa musik religi yang bernafaskan Islam bisa mendunia dan diterima banyak kalangan. Kebetulan juga Awakening Records punya banyak musisi religi yang handal seperti Sami Yusuf, Irfan Makki, Mesut Kurtis, Humood AlKhudher dan sebagainya.

Kembali ke Maher Zain, Ayah dari dua orang anak ini punya ciri khas yang berbeda dari kebanyakan penyanyi yang tergabung dalam Awakening Records. Dengan gaya Pop R&B yang lebih modern meski masih ada sentuhan cengkok Middle East, MZ berhasil menambah wawasan bermusik generasi muda Islam masa kini dengan lagu-lagu religi yang indah memanjakan telinga serta menyentuh hati nurani. Berbagai jenis sholawat yang sering kita dengar di masjid-masjid (terkadang dibilang norak oleh generasi muda) menjadi sesuatu yang baru ketika dinyanyikan oleh MZ dengan kemasan yang lebih modern. Bahkan lagu-lagu baru yang dibawakannya pun sanggup melekat dalam benak kaum muslim dunia.

Yang saya salut dari MZ adalah kemauan dia untuk membawakan lagu dengan berbagai versi bahasa termasuk bahasa Indonesia dengan berkolaborasi bersama musisi lokal. Itu adalah nilai lebih dari seorang musisi sekaligus lebih mendekatkan diri dengan fans yang berasal dari berbagai negara. Tentu tidak mudah untuk menyanyikan lagu dengan bahasa yang tidak dikuasai dalam keseharian meski itu lagu dia sendiri, perlu usaha yang gigih untuk menguasai bahasa sekaligus menyanyikannya dengan penghayatan yang sama ketika memakai bahasa dia sehari-hari.

Kebetulan pula Maher Zain seakan menjadi “anak emas” bagi Awakening Records, tak ayal lagi lagu-lagu dia banyak yang dibuat video clipnya. Salah satu video clip yang menjadi favorit saya adalah lagu “The Chosen One” (suatu saat akan saya bahas terpisah untuk video ini)

 

Banyak sekali lagu-lagu dari Maher Zain yang menjadi favorit saya (dan masyarakat muslim tentunya), namun akhir-akhir ini yang cukup menggetarkan hati saya adalah single “Ramadhan”. Lagu ini sejatinya sudah dirilis di tahun 2012 serta dibuat video clipnya di tahun 2013.

Entah mengapa saya kurang memperhatikan lagu ini ketika mulai didengarkan tiga tahun yang lalu, baru ketika saya sedang berjalan-jalan di salah satu hypermarket terkenal saat Ramadhan kemarin, single ini diputar berulang-ulang. Saya tertegun dan terkesima mendengarnya, selanjutnya saya mencoba mengikuti liriknya serta menyanyikannya.

Tanpa sadar mata saya berkaca-kaca ketika menyanyikan di bagian refrainnya (kebetulan yang saya dengarkan adalah versi Melayu), seolah-olah saya merasa tidak akan bertemu Ramadhan kembali tahun depan. Kedengarannya berlebihan (lebay istilah jaman sekarang), tetapi saya juga tidak paham bagaimana tiba-tiba saya menjadi sentimentil setelah mendengar single ini.

Ini sekali lagi membuktikan kulaitas bermusik Maher Zain yang luar biasa, meski bernyanyi dalam bahasa Melayu, penjiwaan dan nyawa dari lagu ini tetap sama seperti versi-versi lainnya. Bahkan menurut saya lebih menyentuh karena kita akhirnya memahami makna dari lagu ini.

Sekali lagi Maher Zain sukses membawakan lagu religi beraliran Pop Ballad ini mendekati sempurna, lagu Ramadhan bukan sekedar single religi biasa sebagai penghias bulan puasa melainkan sebuah lagu penuh arti dengan makna yang dalam menyentuh hati.

Good Job MZ…


TAGS review musik musik Selebriti


-

Author

Search

Recent Post